Rabu, 09 April 2008

PENGAMATAN SITUS

Amazon.com
merupakan situs perdagangan yang cukup lengkap. Meski pada awalnya hanya menjual buku saja, amazon.com sekarang ini telah memiliki beraneka macam produk yang ditawarkan. Mulai dari buku, hiburan, musik, elektronik, peralatan rumah tangga, mainan anak-anak, kebutuhan bayi, peralatan industri, perhiasan, hingga menyediakan layanan download baik mp3 hingga software-software yang umum. Selain itu, amazon.com telah memiliki branch di mata konsumen, sehingga sulit bagi pesaing untuk merebut pasar dari amazon.com.

ebay.com
Salah satu pesaing terdekat dari amazon.com adalah ebay.com. ebay.com juga menjual produk-produk yang beraneka macam. Dan menurut saya, konsumen juga pasti sangat dipuaskan oleh keaneka ragaman produk yang ditawarkan ebay.com. Sama halnya dengan amazon.com, ebay.com juga memiliki komunitas pelanggan, yang memudahkan dalam proses pencarian barang. Mungkin penampilan situs yang menarik dari amazonlah yang telah membedakannya dari eBay, yang kesannya sederhana.

Fastncheap.com
Pesaing lainnya adalah fastncheap. Perbedaan mendasar dari fastncheap dengan kedua situs sebelumnya adalah produk yang ditawarkan, dimana fastncheap hanya menwarkan produk elektronik saja. Dan menurut saya produk elektronik yang ditawarkan cukuplah lengkap. Kelebihannya dibanding situs lain, adalah tertuliskan moto fastncheap diatas tsitus, yaittu “Happy Customer is Our Goal”, yang menunjukkan keseriusan fastncheap dalam melayani konsumen.

Barnesandnoble.com
Barnes&noble (B&N) juga merupakan situs yang menawarkan bermacam produk. Hanya saja jumlah yang sedikit yang ditawarkan membutanya masih jauh tertinggal dari amazon dan eBay. Selain itu, ketersediaan barang juga terbatas. Ini terbukti dari judul DVD yang dicari di B&N tidak sebanyak yang dimiliki amazon, ataupun eBay.

Bhineka.com
Bhineka merupakan situs milik anak bangsa. Meski produk yang dijual hanya elektronik saja, situs ini cukup memudahkan kita sebagai orang Indonesia, karena tersedia layanan bahasa Indonesia. Selain itu, harga jual ditunjukkan dengan satuan Rupiah (Rp) dan Dollar Amerika (US $). Jadi menurut saya, situs ini lebih berat pada pelayanan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

^_^

^_^